Pendeteksi Bom Bunuh Diri Untuk Olimpiade 2012

Pusat Sains Terapan dan Teknologi Inggris (CAST) menciptakan pendeteksi bom bunuh diri, untuk menghadapi Olimpiade 2012 di London, Inggris. Rencananya, rencananya akan disebar di tempat-tempat kerumunan, seperti stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat pertandingan.

The Sun mewartakan, Kamis (7/7), pendeteksi tersebut berbentuk sensor yang dapat memindai kerumunan massa. Alat mirip scanner di bandara itu diyakini bisa menganalisis bahan-bahan, dengan menggunakan gelombang terahertz yang dipancarkan zat-zat yang berbeda.

Para peneliti dari CAST mulai menguji alat itu tahun lalu pada kerumunan yang terdiri dari 75 orang. Setiap satu orang di dalam kerumunan membawa alat peledak. Alat tersebut berhasil memindai dan menemukan orang yang membawa bahan peledak.

"Jika teknologi ini telah tersedia bertahun-tahun lalu, tragedi pemboman bisa dihindari. Melindungi masyarakat adalah prioritas kami. Kami tengah menguji teknologi baru untuk membantu menghadapi ancaman teroris," kata salah seorang peneliti.

0 komentar:

Posting Komentar